Duta Bisnis School ( DBS )

Informasi Bisnis Di Internet.....

Gunakan Selau Paypal Untuk Transaksi Online

Daftar ke PayPal dan langsung menerima pembayaran kartu kredit.

16 Januari 2009

Pendidikan Seks Anak di Bawah Umur

PENGENALAN pendidikan seks di bawah umur dinilai sejumlah orangtua belum pantas. Padahal pendidikan seksi usia dini penting, asalkan sampaikan secara benar.

Seperti dikutip Health24, pendidikan seks usia dini bisa diajarkan dengan beberapa langkah seperti:

Proses biologis

Pendidikan seks dimulai dengan pengenalah dari proses biologis. Bisa dilakukan dengan memberikan penjelasan kepada anak berusia lima atau enam tahun mengenai proses adanya bayi yang ada dalam kandungan seorang ibu. Di mana dalam perut seorang ibu ada kehidupan baru bagi sang bayi.

Ilustrasi gambar

Sebaiknya dalam memberikan penjelasan dilakukan dengan menggunakan ilustrasi gambar, sehingga memberikan pemahaman yang jelas dan langsung. Dan diusahakan untuk menjawab setiap pertanyaan yang diajukan oleh anak Anda. Jangan sesekali memotong pertanyaan yang diajukan oleh seorang anak, khususnya pertanyaan yang dianggap tabu.

Fokus makhluk hidup

Dalam memberikan pemahaman pendidikan seks, Anda perlu mencontohkan perbedaan binatang dengan manusia, khususnya ketika melakukan hubungan seks. Perbedaan hubungan seks antara binatang dengan manusia adalah komitmen dengan pasangan.

Perilaku

Perilaku seks juga menggambarkan pendidikan seks berhasil atau tidak. Anak sebaiknya diajarkan perilaku seks yang dilakukan orangtua merupakan hal wajar yang didasari cinta tulus. Sehingga dalam pemahaman anak tersebut, seks bukan semata hanya menghasilkan seorang bayi. Sebaiknya Anda juga memberikan pengertian bahwa seks bukan subjek yang tabu, dan tak perlu malu menjadikan seks sebagai bahan pembicaraan.

Pengenalan jenis

Orangtua dalam memberikan penjelasan mengenai alat kelamin sebaiknya dengan istilah yang tepat, seperti alat kelamin wanita biasa disebut dengan vagina. Sering kali orangtua menyebutkan sesuatu dengan memberi sebutan panggilan yang unik dalam menggambarkan alat kelamin. Dan itu yang sering kali dilakukan oleh orangtua dalam memberi penjelasan kepada anak mereka dengan alasan penyebutan nama pada alat kelamin tersebut sangat tabu diperbincangkan.

Waktu yang tepat

Sebaiknya orangtua mengajarkan pendidikan seks pada waktu yang tepat. Jika anak Anda bertanya mengenai wanita hamil, sebaiknya Anda memberikan penjelasan dalam situasi yang penuh perhatian khusus dan secara pribadi. Misalnya, memberikan penjelasan saat berada di rumah.

Dengan adanya pendidikan seks di atas, diharapkan anak di bawah umur tidak menjadi korban dari pemahaman pendidikan seks yang salah. Selama ini anak di bawah umur mengenal seks dari teman sepermainan dan terjadilah penyimpangan seks. Sehingga dengan adanya tip di atas, orangtua dapat lebih bijak dalam memberikan pendidikan seks anak di bawah umur.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Boleh Ya Copy Artikelnya..??

Anonim mengatakan...

Pendidikan sex utk anak di bawah umur memang perlu dan orang tua bisa menjelaskan dengan bahasa yang mudah di mengerti agar sang anak tdk salah menanggapi

Duta Bisnis School ( DBS )